Senin, 06 Februari 2017

Review Singkat Komik Sherlock Terbitan M&C!


Hai Semua, kali ini saya akan sedikit mereview komik Sherlock terbitan M&C!. Komik ini merupakan adaptasi langsung dari serial fenomenal yang tayang di channel BBC yaitu Sherlock, yang di bintangi oleh Benedict Cumberbatch and Martin Freeman. Gambar diatas merupakan cover dari komiknya, terlihatkan bahwa pengarangnya membuat karakter Sherlock ini semirip mungkin dengan Sherclock yang ada di serialnya, tidak hanya muka para karakter-karakter-nya saja yang mirip tapi jalan ceritanya hampir 100% mirip, saya akan jelaskan lebih lanjut nanti.


  

Ternyata komik ini dibuat di Jepang dan di rilis dalam format Manga(Komik Jepang). Diterbitkan pertama kali tahun 2013 oleh Kadokawa Corporation, Tokyo, bekerjasama dengan Hartswood Films dengan penulis cerita tetap sama dengan serialnya yaitu Steven Moffat dan Mark Gatiss, sedangkan art atau yang menggambar komik ini adalah seorang Manga Artis Jepang yang mempunyai kode nama Jay. Jadi tidak heran lagi kalau format komik ini baik cara membaca dan ciri khas gambarnya sangat Manga sekali.


Kembali mengenai versi Indonesia dari Komik ini yang diterbitkan oleh M&C!, komik ini di jual dengan harga yang lumayan mahal yaitu Rp. 55.000,-(sebenarnya harga resminya Rp. 50.000,- tapi ntah kenapa saya beli di Gramedia Jambi harga bertambah Rp. 5.000,-), sebanding dengan harga satu volume komik Jepang yang mana di Jepang rata-rata satu komik di jual dengan harga 432 Yen, apabila di Rupiahkan menjadi Rp. 51.240,- (kurs mata uang pertanggal 6 Februari 2017). Kelebihannya dengan harga segitu membuat kualitas komik ini setara dengan kualitas komik Jepang, jenis kertas dan penjilid-an sangat bagus dan format Cover yang bisa dilepas sangat mirip dengan komik-komik rilisan Jepang pada umumnya, lihat gambar dibawah ini...




Menarik bukan? dibagian dalam ada cover lagi dengan gambar yang berbeda tapi tidak berwarna. Sebenarnya sih komik-komik Jepang yang rilis di Indonesia dulu juga punya format seperti ini, tapi lama-lama menghilang, mungkin karena untuk menghemat biaya produksi dan bisa dijual dengan harga yang terjangkau. Sedikit Informasi saja harga komik Jepang yang terbit di Indonesia sekarang disaat saya menulis  review ini adalah Rp. 22.500,-/volume sedangkan harga aslinya di Jepang adalah Rp. 51.240,-. Harga jual yang dipangkas tidak sampai setengah dari harga aslinya membuat Indonesia tidak menjadi negara prioritas oleh penerbit Jepang sana, makanya komik Jepang yang terbit versi Indonesia sedikit lebih lama dari tanggal rilis di Jepang.


Kembali lagi ke komik Sherlock ini, komik ini mempunya dua halaman berwarna yang ada di dua halaman awal. Volume ini merupakan volume pertama dan ceritanya juga merupakan adaptasi dari Episode pertama dari serialnya yaitu yang berjudul A Study in Pink. Apabila Anda yang sudah menonton serialnya pasti tahu bahwa ini adalah cerita yang mengisahkan tentang untuk pertama kalinya Sherlock dan partnernya Watson bertemu dan bersama-sama memecahkan kasus bunuh diri yang unik, dimana kasus ini ternyata mengarah kepada sesuatu yang tidak terduga. Saya tidak mau menceritakan lebih banyak mengenai ceritanya karena takut keceplosan spoiler nanti karena pasti ada orang yang sama sekali belum mengikuti kisah ini.


Bagi saya yang sudah menonton serialnya, komik ini jalan ceritanya hampir 100% mirip dengan serialnya, baik jalan cerita, setting, adegan dan termasuk obrol-obrolanya, tidak ada perubahan sama sekali. Gambar-gambar karakternya-pun dibuat mirip dengan yang aslinya. Sangat disayangkan memang, karena kalau dari jalan ceritanya tidak ada yang spesial dari versi komik ini, tapi bagi Anda yang penggemar komik dan juga termasuk orang yang menyukai serial Sherlock seperti saya, komik ini merupakan wajib koleksi.


Sekian review singkat Komik Sherlock terbitan M&C! ini, semoga bisa menambah informasi Anda dan menjad referensi atau acuan untuk membeli komik ini atau tidak, karena semua kelebihan dan kekurangannya sudah saya tulis lengkap ;).

This Is The Newest Post

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>
EmoticonEmoticon